Pages

Monday, 19 November 2018

Prodi PTE UINAR Gelar Workshop Akreditasi Jurnal



Program StudiPendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (PTE-FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Kamis (15/11/2018) melaksanakan Workshop Penggunaan sarana publikasi ilmiah melalui Open Journal System (OJS) di Ruang Multimedia Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan data (PTIPD) kampus setempat.


Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr. Gunawan Adnan, MA, Ph.D.

Dalam Sambutan dan arahannya mendukung penuh workshop penulisan karya ilmiah dosen yang diselenggarakan prodi pte, sebagai salah upaya untuk menuju universitas yang unggul. dengan mempertahankan dan meningkatkan kompetensi dosen dalam menulis yang diikuti dengan publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal terakreditasi nasional dan internasional. Juga diikuti dengan pengelolaan jurnal ilmiah kampus UIN Ar-Raniry dengan bentuk open journal system dan terkreditasi.
Dekan FTK UIN Ar-Raniry Dr. Muslim Razali, SH.M.Ag. dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan keilmiahan ini, dalam rangka peningkatan kompetensi dosen menuju world class university.
Ketua Prodi PTE UIN Ar-Raniry, Mawardi, M.Pd mengatakan, workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari (kamis dan Jum’at), pada hari pertama dilaksanakan bagi 50 dosen di Lingkungan UIN Ar-Raniry, dengan pemateri Prof. Dr. Ramlee Mustapha, guru besar UPSI Malaysia.

Sedangkan pada hari ke dua dikhususkan bagi pengelola jurnal di Lingkungan UIN Ar-Raniry dan beberapa mahasiswa dengan total 50 peserta dengan narasumber Elizar, ST, M.Sc.,M.Phil. yang merupakan salah satu pengurus Jurnal yang telah terakreditasi di lingkungan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

“Workshop ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang publikasi ilmiah, tata cara publikasi artikel ilmiah yang berkualitas, melatih agar mampu melahirkan tulisan ilmiah yang berkualitas dan memenuhi standar jurnal terindeks internasional, dan peserta memahami mekanisme manajemen review sesuai dengan sistem Open Journal System (OJS),” ujarnya.

Mawardi menambahkan, workshop ini diharapkan dapat memotivasi para dosen untuk menerbitkan tulisan pada jurnal yang terakreditasi  baik di lingkungan UIN Ar-Raniry  sendiri maupun diluar lingkungan UIN Ar-Raniry, Nasional maupun Internasional.

Lebih lanjut dikatakan, acara ini diselenggarakan untuk mendukung terakreditasnya Jurnal Circuit pada prodi PTE  yang telah sejak terbit sejak 2016 dan telah terdaftar pada lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan nomor ISSN 2549-3698 untuk versi cetak dan E-ISSN 2549-3701 untuk versi online.



0 komentar:

Post a Comment